Legalitas Pengunduhan File

Saya mendengar sesuatu hari ini, sehubungan dengan berbagi file/menonton film online. Saya mengutip: ‘Ini tidak ilegal jika Anda streaming, tetapi Jika Anda mengunduhnya ke komputer Anda, itu ilegal’

Saya bukan ahli dalam hukum hak cipta, tetapi menurut saya ini adalah kelemahan besar dalam memahami cara kerja lisensi hak cipta. Pertama mari kita lihat mengapa file unduhan ilegal sama sekali. Jika Anda memiliki file/video/gambar, Anda dapat mendistribusikannya sesuka Anda. Foto liburan Anda adalah milik Anda terus menerus (Biasanya selalu, sih).

Alasan Anda tidak dapat membagikan film blockbuster terbaru adalah karena Anda tidak memiliki hak distribusi. Membeli DVD dari toko mana pun memberi Anda lisensi untuk menonton film secara pribadi di dalam rumah Anda sendiri. Lisensi bervariasi tetapi ini biasanya paket. Adalah ilegal untuk menjadi penerima file yang dilindungi hak cipta, sama seperti menjadi pembagi. Meskipun pada kenyataannya sharers seringkali lebih mudah ditemukan dan lebih banyak dihukum dan diekspos, sebagai contoh individu. Dalam pengertian sederhana ini, mudah untuk melihat apa yang ilegal. Jika Anda tidak membelinya, apa pun yang Anda tonton di internet (yang tidak gratis) adalah ilegal.

Ini benar terlepas dari metode yang Anda gunakan untuk mendapatkan file. Saya geli mendengar seseorang mengatakan bahwa mereka mendapatkan semua musik mereka dengan mengunduh video musik dari YouTube dan kemudian mengonversinya ke mp3. Nah, bagian yang lucu adalah mereka menganggap ini legal, dibandingkan dengan seseorang yang hanya mengunduh file melalui jaringan P2P. Karena itu hal lain, hanya karena YouTube ada dan besar, bukan berarti itu legal. YouTube tidak mendukung materi hak cipta, saat mengirimkan video, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi bahwa Anda adalah pemiliknya. Ini tidak berarti orang tidak berbohong, tetapi video berhak cipta akan dihapus.

AH! Anda mengatakan (saya berasumsi Anda mengatakan ini banyak untuk hal-hal yang saya tulis) tetapi baru pagi ini saya menonton video musik untuk band ‘xyz’. dutafilm Pertama, proses penghapusan video tidak sempurna sehingga kemungkinan besar Anda dapat menemukan ratusan video berhak cipta. Jika tidak demikian, lihat di sebelah kanan video, mungkin ada spanduk label rekaman. Karena BMI, dll mengakui YouTube adalah platform periklanan yang berguna dan memungkinkan video mereka ada di sana, selama itu di bawah kendali mereka. Jika Anda berada di Inggris Raya, Anda mungkin melihat saluran 4 memiliki halaman YouTube untuk beberapa program mereka. Sangat sah untuk menonton ini melalui saluran 4od, tetapi jika Anda menontonnya di YouTube melalui akun YouTube lain, itu adalah Ilegal.

Saya yakin Anda muak dengan contoh tetapi hanya satu lagi. Meskipun iPlayer memungkinkan Anda menonton video online secara gratis, lisensi itu hanya berlaku untuk menontonnya selama 30 hari atau dalam 7 hari sejak pemutaran pertama. Bahkan jika Anda memecahkan DRM, adalah ilegal untuk menonton file pada hari ke-8, meskipun itu legal pada hari ke-7. Ini semua tentang persyaratan lisensi. Saya kira tidak ada gunanya, bahkan bukan kata-kata kasar, saya hanya terkejut betapa tidak jelas legalitas media online sebenarnya. Bukannya ini bahkan eksklusif untuk konten online, hak cipta berlaku untuk CD, kaset, rekaman (haruskah saya mundur lebih jauh?). Dan juga hampir segala sesuatu yang lain.

Pada catatan kesalahpahaman lainnya, saya mendengar seseorang berbicara tentang laptop baru mereka, mengklaim bahwa laptop itu telah hibernasi sejak malam sebelumnya dan baterainya masih 98% (yang menurut mereka luar biasa). Yang lebih mengkhawatirkan adalah mereka mengira itu adalah ‘mode daya super rendah’ ​​yang memungkinkan program mereka tetap berjalan di latar belakang (semacam benar). Mereka berharap semua unduhan mereka akan selesai sejak malam sebelumnya, yang disebutkan di atas. Aduh Buyung.

A note to our visitors

This website has updated its privacy policy in compliance with changes to European Union data protection law, for all members globally. We’ve also updated our Privacy Policy to give you more information about your rights and responsibilities with respect to your privacy and personal information. Please read this to review the updates about which cookies we use and what information we collect on our site. By continuing to use this site, you are agreeing to our updated privacy policy.